Sunday, March 9, 2014

Al-Baqarah 187 : Berbuka Puasa Itu Saat Maghrib Ataukah Malam ?

Di dalam Islam, waktu seorang muslim berpuasa di satu hari, ditentukan oleh Allah sebagaimana di sebutkan di dalam surah Al-Baqarah (2) ayat 187 yang redaksi terjemahan bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut :
[2:187] Dihalalkan bagi kamu pada malam hari (ketika) puasa bercampur dengan istri-istri kamu; mereka itu adalah pakaian bagimu, dan kamu pun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri`tikaf dalam masjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa.
Dari ayat di atas, disebutkan bahwa waktu berpuasa seorang muslim dimulai ketika telah terlihat benang putih (cahaya matahari terbit) dari benang hitam (malam), yang diperjelas lagi dilanjutan ayat tersebut, yaitu fajar atau subuh. Kemudian seorang muslim berkewajiban menyempurnakan puasanya sampai tiba waktu malam, yang pada prakteknya, sebagian orang muslim di dunia berbuka di waktu maghrib.

Mungkin ada yang bertanya, mengapa umat muslim berbuka di waktu magrib, padahal di dalam Al-Qur'an jelas di sebutkan "... tsumma atimmuuu ash-shiyaama ilaa al-layli - kemudian sempurnakan puasamu hingga (datang) malam...". Bukankah malam itu adalah ketika hari sudah gelap ?

Jika dilihat secara harfiah definisi yang ada di masyarakat, ya - malam itu dimulai ketika hari telah menjadi jadi gelap. Namun karena ini adalah kaitannya dengan ibadah, maka umat muslim mengembalikan dan mengambil contoh terhadap apa yang dikatakan oleh nabi Muhammad SAW, yang terdapat dilihat di dalam Hadis.

Hadis, yang merupakan periwayatan mengenai perkataan nabi ataupun perilaku (sunnah) nabi, tidaklah sama dengan Al-Qur'an yang merupakan kitab suci serta sumber hukum umat Islam yang ke-auntetik-kannya tidak diragukan karena dijamin langsung oleh Allah. Untuk menilai suatu hadis, apakah dapat diterima atau tidak, perlu dilihat periwayatan, korelasinya dengan Al-Qur'an serta sanad (rantai periwayat)-nya, sehingga dapat dinilai tingkatan hadis-nya : apakah palsu, lemah, ataukah dapat diterima. Penjelasan mengenai al-baqarah ayat 187 terdapat di dalam hadist yang diriwayatkan imam Bukhari dan juga imam Muslim. Pada umumnya umat Islam sepakat bahwa hadis-hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari atau Muslim apalagi oleh keduanya (muttafaqun 'alaih), termasuk hadis di atas yang mana diriwayatkan oleh Bukhari dan juga oleh Muslim, merupakan hadis-hadis yang dapat diterima (sahih atau hasan)

Hadis-Hadis tersebut adalah :

ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺍﻟْﺤُﻤَﻴْﺪِﻱُّ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺳُﻔْﻴَﺎﻥُ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻫِﺸَﺎﻡُ ﺑْﻦُ ﻋُﺮْﻭَﺓَ ﻗَﺎﻝَ ﺳَﻤِﻌْﺖُ ﺃَﺑِﻲ ﻳَﻘُﻮﻝُ ﺳَﻤِﻌْﺖُ ﻋَﺎﺻِﻢَ ﺑْﻦَ ﻋُﻤَﺮَ ﺑْﻦِ ﺍﻟْﺨَﻂَّﺎﺏِ ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻴﻪِ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻨْﻪُ ﻗَﺎﻟَﻘَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺇِﺫَﺍ ﺃَﻗْﺒَﻞَ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞُ ﻣِﻦْ ﻫَﺎ ﻫُﻨَﺎ ﻭَﺃَﺩْﺑَﺮَ ﺍﻟﻨَّﻬَﺎﺭُ ﻣِﻦْ ﻫَﺎ ﻫُﻨَﺎ ﻭَﻏَﺮَﺑَﺖْ ﺍﻟﺸَّﻤْﺲُ ﻓَﻘَﺪْ ﺃَﻓْﻂَﺮَ ﺍﻟﺼَّﺎﺋِﻢُ
Telah menceritakan kepada kami [Al Humaidiy] telah menceritakan kepada kami [Sufyan] telah menceritakan kepada kami [Hisyam bin 'Urwah] berkata, aku mendengar [bapakku] berkata, aku mendengar ['Ashim bin 'Umar bin Al Khaththob] dari [bapaknya radliallahu 'anhu] berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Jika malam telah datang dari sana dan siang telah berlalu dari sana serta matahari telah tenggelam, maka orang yang berpuasa sudah boleh berbuka (HR Bukhari kitab Puasa (Shaum) bab kapan orang berbuasa boleh berbuka)

ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻳَﺤْﻴَﻰ ﺑْﻦُ ﻳَﺤْﻴَﻰ ﻭَﺃَﺑُﻮ ﻛُﺮَﻳْﺐٍ ﻭَﺍﺑْﻦُ ﻧُﻤَﻴْﺮٍ ﻭَﺍﺗَّﻔَﻘُﻮﺍ ﻓِﻲ ﺍﻟﻠَّﻔْﻆِ ﻗَﺎﻝَ ﻳَﺤْﻴَﻰ ﺃَﺧْﺒَﺮَﻧَﺎ ﺃَﺑُﻮ ﻣُﻌَﺎﻭِﻳَﺔَ ﻭ ﻗَﺎﻝَ ﺍﺑْﻦُ ﻧُﻤَﻴْﺮٍ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺃَﺑِﻲ ﻭ ﻗَﺎﻝَ ﺃَﺑُﻮ ﻛُﺮَﻳْﺐٍ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺃَﺑُﻮ ﺃُﺳَﺎﻣَﺔَ ﺟَﻤِﻴﻌًﺎ ﻋَﻦْ ﻫِﺸَﺎﻡِ ﺑْﻦِ ﻋُﺮْﻭَﺓَ ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻴﻪِ ﻋَﻦْ ﻋَﺎﺻِﻢِ ﺑْﻦِ ﻋُﻤَﺮَ ﻋَﻦْ ﻋُﻤَﺮَ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻨْﻪُ ﻗَﺎﻟَﻘَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺇِﺫَﺍ ﺃَﻗْﺒَﻞَ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞُ ﻭَﺃَﺩْﺑَﺮَ ﺍﻟﻨَّﻬَﺎﺭُ ﻭَﻏَﺎﺑَﺖْ ﺍﻟﺸَّﻤْﺲُ ﻓَﻘَﺪْ ﺃَﻓْﻂَﺮَ ﺍﻟﺼَّﺎﺋِﻤُﻠَﻢْ ﻳَﺬْﻛُﺮْ ﺍﺑْﻦُ ﻧُﻤَﻴْﺮٍ ﻓَﻘَﺪْ
Telah menceritakan kepada kami [Yahya bin Yahya], [Abu Kuraib] dan [Ibnu Numair] -mereka semua sepakat mengenai lafazhnya- [Yahya] berkata, telah mengabarkan kepada kami [Abu Mu'awiyah] -sementara [Ibnu Numair] berkata- telah menceritakan kepada kami [bapakku] -sementara [Abu Kuraib] berkata- telah menceritakan kepada kami [Abu Usamah] semuanya dari [Hisyam bin Urwah] dari [bapaknya] dari [Ashim bin Umar] dari [Umar] radliallahu 'anhu, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila malam telah datang, siang telah hilang, dan matahari telah terbenam, maka seorang yang berpuasa sungguh sudah boleh berbuka." Ibnu Numair tidak menyebutkan kata: "FAQAD (sungguh) (HR. Muslim kitab Puasa (shaum) Bab jika malam telah datang dan matahari telah hilang maka berbukalah)

ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺇِﺳْﺤَﺎﻕُ ﺍﻟْﻮَﺍﺳِﻂِﻲُّ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺧَﺎﻟِﺪٌ ﻋَﻦْ ﺍﻟﺸَّﻴْﺒَﺎﻧِﻲِّ ﻋَﻦْ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺑْﻦِ ﺃَﺑِﻲ ﺃَﻭْﻓَﻰ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻨْﻪُ ﻗَﺎﻟَﻜُﻨَّﺎ ﻣَﻊَ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻓِﻲ ﺳَﻔَﺮٍ ﻭَﻫُﻮَ ﺻَﺎﺋِﻢٌ ﻓَﻠَﻤَّﺎ ﻏَﺮَﺑَﺖْ ﺍﻟﺸَّﻤْﺲُ ﻗَﺎﻝَ ﻟِﺒَﻌْﺾِ ﺍﻟْﻘَﻮْﻡِ ﻳَﺎ ﻓُﻠَﺎﻥُ ﻗُﻢْ ﻓَﺎﺟْﺪَﺡْ ﻟَﻨَﺎ ﻓَﻘَﺎﻝَ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻟَﻮْ ﺃَﻣْﺴَﻴْﺖَ ﻗَﺎﻝَ ﺍﻧْﺰِﻝْ ﻓَﺎﺟْﺪَﺡْ ﻟَﻨَﺎ ﻗَﺎﻝَ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻓَﻠَﻮْ ﺃَﻣْﺴَﻴْﺖَ ﻗَﺎﻝَ ﺍﻧْﺰِﻝْ ﻓَﺎﺟْﺪَﺡْ ﻟَﻨَﺎ ﻗَﺎﻝَ ﺇِﻥَّ ﻋَﻠَﻴْﻚَ ﻧَﻬَﺎﺭًﺍ ﻗَﺎﻝَ ﺍﻧْﺰِﻝْ ﻓَﺎﺟْﺪَﺡْ ﻟَﻨَﺎ ﻓَﻨَﺰَﻝَ ﻓَﺠَﺪَﺡَ ﻟَﻬُﻢْ ﻓَﺸَﺮِﺏَ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲُّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺛُﻢَّ ﻗَﺎﻝَ ﺇِﺫَﺍ ﺭَﺃَﻳْﺘُﻢْ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞَ ﻗَﺪْ ﺃَﻗْﺒَﻞَ ﻣِﻦْ ﻫَﺎ ﻫُﻨَﺎ ﻓَﻘَﺪْ ﺃَﻓْﻂَﺮَ ﺍﻟﺼَّﺎﺋِﻢُ
Telah menceritakan kepada kami [Ishaq Al Washithiy] telah menceritakan kepada kami [Khalid] dari [Asy-Syaibaniy] dari ['Abdullah bin Abu Awfa radliallahu 'anhudhiyallahu'anhu] berkata; Kami pernah bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dalam suatu perjalanan dan Beliau berpuasa. Ketika matahari terbenam, Beliau berkata kepada sebagian rombongan; "Wahai fulan, bangun dan siapkanlah minuman buat kami". Orang yang disuruh itu berkata: "Wahai Rasulullah, bagaimana jika kita menunggu hingga sore". Beliau berkata: "Turunlah dan siapkan minuman buat kami". Orang itu berkata, lagi: "Wahai Rasulullah, bagaimana jika kita menunggu hingga sore". Beliau berkata, lagi: "Turunlah dan siapkan minuman buat kami". Orang itu berkata, lagi: "Sekarang masih siang". Beliau kembali berkata: "Turunlah dan siapkan minuman buat kami". Maka orang itu turun lalu menyiapkan minuman buat mereka. Setelah minum lalu Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata: "Apabila kalian telah melihat malam sudah datang dari arah sana maka orang yang puasa sudah boleh berbuka" (HR Bukhari kitab Puasa (Shaum) bab kapan orang berbuasa boleh berbuka)

ﻭ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻳَﺤْﻴَﻰ ﺑْﻦُ ﻳَﺤْﻴَﻰ ﺃَﺧْﺒَﺮَﻧَﺎ ﻫُﺸَﻴْﻢٌ ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﺇِﺳْﺤَﻖَ ﺍﻟﺸَّﻴْﺒَﺎﻧِﻲِّ ﻋَﻦْ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺑْﻦِ ﺃَﺑِﻲ ﺃَﻭْﻓَﻰ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻨْﻪُ ﻗَﺎﻟَﻜُﻨَّﺎ ﻣَﻊَ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻓِﻲ ﺳَﻔَﺮٍ ﻓِﻲ ﺷَﻬْﺮِ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ﻓَﻠَﻤَّﺎ ﻏَﺎﺑَﺖْ ﺍﻟﺸَّﻤْﺲُ ﻗَﺎﻝَ ﻳَﺎ ﻓُﻠَﺎﻥُ ﺍﻧْﺰِﻝْ ﻓَﺎﺟْﺪَﺡْ ﻟَﻨَﺎ ﻗَﺎﻝَ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺇِﻥَّ ﻋَﻠَﻴْﻚَ ﻧَﻬَﺎﺭًﺍ ﻗَﺎﻝَ ﺍﻧْﺰِﻝْ ﻓَﺎﺟْﺪَﺡْ ﻟَﻨَﺎ ﻗَﺎﻝَ ﻓَﻨَﺰَﻝَ ﻓَﺠَﺪَﺡَ ﻓَﺄَﺗَﺎﻩُ ﺑِﻪِ ﻓَﺸَﺮِﺏَ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲُّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺛُﻢَّ ﻗَﺎﻝَ ﺑِﻴَﺪِﻩِ ﺇِﺫَﺍ ﻏَﺎﺑَﺖْ ﺍﻟﺸَّﻤْﺲُ ﻣِﻦْ ﻫَﺎ ﻫُﻨَﺎ ﻭَﺟَﺎءَ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞُ ﻣِﻦْ ﻫَﺎ ﻫُﻨَﺎ ﻓَﻘَﺪْ ﺃَﻓْﻂَﺮَ ﺍﻟﺼَّﺎﺋِﻢُ
Telah menceritakan kepada kami [Yahya bin Yahya] telah mengabarkan kepada kami [Husyaim] dari [Abu Ishaq Asy Syaibani] dari [Abdullah bin Abu Aufa] radliallahu 'anhu, ia berkata; Kami pernah bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dalam suatu perjalanan di bulan Ramadlan. Ketika matahari telah terbenam, beliau bersabda: "Hai fulan! Turunlah, dan siapkan makan kita." Maka orang itu pun berkata, "Hari masih siang ya Rasulullah!" beliau bersabda lagi: "Turunlah dan siapkan makan kita." Abdullah berkata; Maka orang itu pun turun dan segera menyiapkannya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan kemudian langsung minum. Kemudian beliau bersabda sambil menunjuk dengan tangannya: "Apabila matahari telah terbenam di sana, dan malam telah datang di sini, maka orang yang berpuasa sudah boleh berbuka"  (HR. Muslim kitab Puasa (shaum) Bab jika malam telah datang dan matahari telah hilang maka berbukalah)

Jadi jelaslah berdasarkan hadis di atas, nabi Muhammad SAW memerintahkan untuk berbuka ketika matahari telah terbenam (di barat) dan terlihat malam telah datang (di timur). Lebih spesifik lagi pada redaksi hadis pertama "Jika malam telah datang dari sana dan siang telah berlalu dari sana serta matahari telah tenggelam". Tenggelamnya matahari disini adalah terlihat tenggelamnya secara fisik (bulatannya) meskipun masih ada cahayanya.

Definisi "malam" para sahabat pada waktu itu adalah ketika hari telah menjadi gelap, sebagaimana anggapan sebagian besar orang pada masa tersebut. Namun nabi megartikan awal "malam" dalam surah Al-Baqarah ayat 187 di atas dengan makna yang lain, yaitu ketika matahari tenggelam secara fisik, meskipun masih ada cahaya (yang di anggap oleh para sahabat saat itu masih siang/sore).

Di dalam Al-Qur'an surah Al-Najm ayat 2-4 dikatakan :
[53:2] kawanmu (Muhammad) tidak sesat dan tidak pula keliru,
[53:3] dan tiadalah yang diucapkannya itu menurut kemauan hawa nafsunya.
[53:4] Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)

 Dan di dalam surah Saba' ayat 50 pun dikatakan :
[34:50] Katakanlah (hai Muhammad): "Jika aku sesat maka sesungguhnya aku sesat atas kemudaratan diriku sendiri; dan jika aku mendapat petunjuk maka itu adalah disebabkan apa yang diwahyukan Tuhanku kepadaku. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Dekat".
Jadi menurut Al-Qur'an, kata-kata yang diucapkan oleh nabi Muhammad SAW, terutama mengenai informasi-informasi yang tidak diketahui sebelumnya seperti pada hadis di atas, bukanlah atas kemauan hawa nafsu beliau, akan tetapi karena itu adalah sesuatu yang di wahyukan dan di inspirasikan oleh Allah. Jadi definisi "malam" dalam surah Al-Baqarah ayat 187 di atas pun diinspirasikan oleh Allah kepada nabi Muhammad SAW.

Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW telah bersabda : "Manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka." (HR Bukhari). Oleh sebab itulah mengapa sebagian besar umat muslim berbuka ketika waktu magrib disaat matahari telah tenggelam, karena definisi waktu magrib itu sendiri adalah ketika matahari tenggelam sampai dengan matahari tenggelam sempurna sebagaimana yang diriwayatkan di dalam hadis :

ثُمَّ جَاءَهُ لِلْمَغْرِبِ حِينَ غَابَتْ الشَّمْسُ وَقْتًا وَاحِدًا لَمْ يَزُلْ عَنْهُ فَقَالَ قُمْ فَصَلِّ فَصَلَّى الْمَغْرِبَ…..
“Kemudian Jibril mendatangi Nabi Shallallahu ‘alaihi was sallam ketika matahari telah tenggelam (sama dengan waktu ketika Jibril mengajarkan sholat kepada Nabi pada hari sebelumnya) kemudian dia mengatakan, “Wahai Muhammad berdirilah laksanakanlah sholat maghrib………..” (HR. Nasa’i No. 526, hadits ini dinilai shahih oleh Al Albani rohimahullah dalam Al Irwa’ hal. 270/I.)
Dari ‘Abdullah bin ‘Amr rodhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda :
….وَقْتُ صَلاَةِ الْمَغْرِبِ مَا لَمْ يَغِبِ الشَّفَقُ…..
“Waktu sholat maghrib adalah selama belum hilang sinar merah ketika matahari tenggelam” (HR. Muslim No. 612)

 
Hikmah definisi awal malam dalam Al-Qur'an oleh hadis


Meskipun di dalam Al-Qur'an terdapat kata pagi dan petang, namun ketika membicarakan mengenai alam, Al-Qur'an menggunakan kata "malam dan siang" (dimana kata "malam" selalu disebutkan lebih dahulu daripada kata "siang"), sebagaimana yang telah di bahas pada postingan "Matahari dan Bulan Mengelilingi Bumi Menurut Al-Qur'an ?  (klik disini untuk baca)". Kata maghrib sendiri yang berarti waktu maghrib, tidak terdapat dalam Al-Qur'an. Yang ada adalah kata maghrib dalam konteksnya "barat" atau "tenggelam".

Di dalam menceritakan alam, Allah melalui Al-Qur'an hanya menyebutkan siang dan malam, tanpa adanya pagi dan petang, dikarenakan pada kenyataannya secara ilmu pengetahuan, terdapat dua bagian bumi, yaitu bagian bumi yang menghadap matahari sehingga terkena sinar matahari, yang kedua adalah bagian bumi yang membelakangi matahari menghadap kepada malam (kegelapan), sehingga hanya ada siang (day) dan malam (night).

Definisi "malam" yang disebutkan di dalam surah Al-Baqarah ayat 187 di atas sebagaimana yang diartikan oleh nabi Muhammad SAW, menegaskan hal ini. "Malam" di mulai ketika matahari secara fisik benar-benar tenggelam atau menghilang bulatannya berdasarkan pengamatan dari bumi, yaitu ketika bagian bumi tersebut telah menghadap kepada bagian kegelapan membelakangi.  Oleh karena bumi itu bulat dan matahari jauh lebih besar daripada bumi, maka meskipun suatu bagian bumi telah mulai membelakangi matahari dan secara fisik matahari telah tidak terlihat (jika diamati dari bumi), namun cahayanya masih tertangkap oleh atmosfir bumi, dan atmosfir bumi inilah yang mengubahnya menjadi cahaya kemerahan (silakan baca postingan : "Benarkah Al-Qur'an Berkata Matahari Tidak Menyebabkan Siang ?". Karena bagian bumi tersebut telah menghadap kepada kegelapan dan membelakangi matahari, maka disitulah didefinisikan oleh Al-Qur'an yang dijelaskan oleh nabi Muhammad SAW bahwa waktu tersebut sudah dapat dikatakan sebagai "malam" atau awal malam.

Nabi Muhammad SAW tentu saja tahu bahwa di dalam surah Al-Baqarah ayat 187 diperintahkan untuk menyempurnakan puasa sampai telah datang "malam", dan nabi Muhammad SAW juga tahu bahwa pengertian yang ada di masyarakat pada saat itu mengenai "malam" adalah dimulai ketika hari benar-benar telah gelap sempurna. Namun Allah menginspirasikan definisi/pengertian yang lain kepada nabi Muhammad mengenai "malam" pada surah Al-Baqarah 187, yang bersesuaian dengan ketetapan-Nya mengenai bentuk dan sifat Bumi, yaitu bulat dan berotasi pada sumbunya, disaat hampir semua penduduk dunia pada masa itu menganggap bumi itu datar dan matahari lah yang mengelilingi bumi (silakan baca postingan : "Bumi itu Datar Menurut Al-Qur'an ?")



Wallahu a'lam

Maha benar Allah dengan segala firman-Nya

Dari berbagai sumber
Narrated Abu Huraira:
I heard Allah's Apostle saying, "I have been sent with Jawami al-Kalim (i.e., the shortest expression carrying the widest meanings), and I was made victorious with awe (caste into the hearts of the enemy), and while I was sleeping, the keys of the treasures of the earth were brought to me and were put in my hand." Muhammad said, Jawami'-al-Kalim means that Allah expresses in one or two statements or thereabouts the numerous matters that used to be written in the books revealed before (the coming of) the Prophet .
(Translation of Sahih Bukhari, Volume 9, Book 87, Number 141)

untuk melihat dan mencari ayat-ayat Quran dapat melalui http://www.quranplus.com/
panduan kata per kata dapat menggunakan http://corpus.quran.com/wordbyword.jsp
Arabic-English Lane's Lexicon : http://www.tyndalearchive.com/tabs/lane/
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...