Wednesday, April 18, 2012

Adam & Yesus - Quran, The Perfect Harmony

Dalam membantah paham trinitarian, Allah memberikan argumen di dalam Al-Qur'an surah Ali-Imran (3) ayat 59 bahwa kelahiran Yesus tanpa ayah tidak lebih aneh daripada penciptaan Adam tanpa ayah dan ibu, akan tetapi Adam adalah manusia, sebagaimana Yesus. Bagi Allah, cukup bagi-Nya berkata "Jadilah" maka jadilah sesuatu itu.
[3:59] Sesungguhnya misal Isa (Yesus) di sisi Allah, adalah seperti Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: "Jadilah" (seorang manusia), maka jadilah dia.
Kita tidak akan membahas dan memperdebatkan mengenai Yesus atau nabi Isa a.s disini, akan tetapi kita akan lihat keharmonisan dan kekonsistenan Al-Qur'an sebagaimana yang disebutkan dalam ayat ini.


Ketika Al-Qur'an di dalam surah Ali Imran ayat 59 di atas menyebutkan bahwa pemisalan Yesus adalah seperti Adam, disini ke konsistenan Al-Qur'an di lihat. Di sisi mana, dalam Al-Qur'an, Yesus seperti Adam? Disini kita lihat, Allah menyebutkan kata 'Isa (Yesus) sebanyak 25 kali di dalam Al-Qur'an, sebagaimana Allah menyebutkan kata Adam sebanyak 25 kali dalam keseluruhan Al-Qur'an. Jadi di dalam Al-Qur'an, Yesus seperti Adam.

Tidak hanya itu, ayat 3:59 di atas, yang mana merupakan satu-satunya ayat yang menyebutkan Isa dan Adam dalam satu ayat bersama-sama, juga merupakan ayat dimana kemunculan kata Isa maupun kata Adam adalah sama-sama 7 kali jika dihitung dari permulaan Al-Qur'an.

Kemunculan tiap kata Isa dan Adam beserta no urut kemunculannya dapat dilihat pada tabel dibawah :


Jika ayat 3:59 adalah ayat dimana kata Isa dan Adam sama-sama telah muncul 7 kali, maka kemunculan ke 7 jika dihitung dari akhir Al-Qur'an, dalam hal ini kemunculan ke-19 adalah surah ke-19 (Maryam), dimana kata Isa (Yesus) disebutkan di ayat 34 dan kata Adam disebutkan di ayat 58 di dalam surah ini.

Banyaknya ayat dari ayat 19:34 sampai 19:58 (temasuk ayat ke 34 dan 58) adalah 25 ayat, sama dengan banyaknya kemunculan kata Isa dan Adam di dalam Al-Qur'an.
 
[77:28] ... dan Dia menghitung segala sesuatu satu persatu.

Wallahu a'lam
Maha benar Allah dengan segala firman-Nya
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...